Senin, 23 Juli 2018 09:48

16 Parpol resmi mendaftar bacaleg di KPU NTT

Ketua KPU NTT Maryanti Luturmas (kanan) menyerahkan tanda terima pendaftaran Bacaleg parpol yang diterima Ketua Bawaslu NTT  Thomas M.Djawa (kanan) didampingi anggota Bawaslu NTT Jemris Fointuna dan Baharudin Hamzah Ketua KPU NTT Maryanti Luturmas (kanan) menyerahkan tanda terima pendaftaran Bacaleg parpol yang diterima Ketua Bawaslu NTT Thomas M.Djawa (kanan) didampingi anggota Bawaslu NTT Jemris Fointuna dan Baharudin Hamzah

 

KUPANG- Sebanyak 16  Partai Politik ditingkat Provinsi akhirnya mendaftarkan Bakal pasangan Calonnya ke KPU Provinsi NTT hingga batas akhir Selasa  17 Juli 2018 pukul 24.00 wita. 16 Parpol tersebut adalah Partai Nasdem, Gerindra, PAN, PDIP, Golkar, Perindo, Hanura, PKPI, PKB, Partai Demorat,PKS,PBB, PPP, Partai Garuda dan Partai Berkarya serta PSI.

Kegiatan pendaftaran Bakal caleg partai politik tingkat Provinsi NTT diterima ketua dan anggota KPU Provinsi NTT serta ketua dan anggota Bawaslu NTT serta staf sekretariat masing-masing dengan tim full untuk mengidentifikasi syarat bakal calon yang diajukan untuk delapan daerah pemilihan di NTT, dengan jumlah bakal caleg 65 orang untuk setiap partai politik dan wajib menyertakan keterwakilan perempuan 30 persen.

Berdasarkan hasil verifikasi administrasi syarat calon yang dilakukan KPU NTT sejak tanggal 18 Juli 2018, masih banyak syarat calon yang belum dipenuhi oleh bakal caleg, dan KPU NTT menyampaikan kepada partai politik untuk diselesaikan kelengkapan dokumennya.

Ketua KPU NTT Maryanti Luturmas saat menerima pendaftaran bakal caleg menegaskan, untuk bias diterima pendaftarannya, maka partai politik wajib menyampaikan dokumen seperti Surat keputusan kepengurusan yang harus sesuai dengan yang ada di aplikasi Silon KPU,dokumen pencalonan model B1,B2 yang harus ada dan sah, termasuk pakta integritas soal rekruitmen bakal caleg yang ditandatangani ketua dan sekretaris partai diatas materai. Selain itu tegas Tanty, keterwakilan perempuan 30 persen dan penempatan posisi caleg adalah syarat mutlak, jika ada parpol yang tidak memenuhi syarat 30 persen, maka dokumen pencalonanya dikembalikan untuk dperbaiki selama masa pendaftaran.

Selama masa pendaftaran, Bawaslu NTT mencatat ada kejadian khusus saat pendaftaran bakal caleg yakni dua pengurus berbeda Partai Berkarya yang mengajukan pendaftaran bakal caleg, namun setelah diferivikasi KPU NTT, sesuai SK yang dimiliki KPU NTT partai berkarya yang berhak mengajukan bakal caleg adalah kepengurusan dengan ketua Jhon Kaunang dan Sekretaris Matheus Liu, sehingga kepengurusan yang lainnya dikembalikan dokumen pencalonan dan syarat calon melalui berita acara. (din)   

Baharudin Hamzah,M.Si

Author :

Anggota Bawaslu NTT Kordiv Organisasi dan SDM 

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

1.png3.png6.png2.png1.png9.png
Hari ini42
Minggu ini 691
Bulan ini2734
Total Kunjungan136219