Rabu, 03 Januari 2018 14:03

Ajak Masyarakat Awasi Pemilu, Bawaslu NTT Sosialisasi di TVRI

KUPANG- Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2018 dan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2019, Bawaslu NTT terus gencar melakukan sosialisasi Pengawasan partisipatif.

Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipasif Jumat (29/12) digelar Bawaslu NTT di studio TVRI Kupang dengan nara sumber Ketua Bawaslu NTT Thomas Mauritius Djawa, Anggota Bawaslu NTT Baharudin Hamzah dan Anggota KPU NTT Theresia Siti dengan pemandu acara Ina Djara, serta audiens para pimpinan Organisasi kemahasiswaan di Kota Kupang.

Dalam Kegiatan sosialisasi yang mengusung thema Pencalonan dan Pemutahiran Daftar Pemilih itu, ketua Bawaslu NTT Thomas Djawa menjelaskan, tahapan pencalonan adalah tahapan terpenting dalam proses pemilihan mulai dari syarat pencalonan dan syarat calon. Proses tersebut akan diawasi secara melekat oleh Bawaslu NTT sesuai perintah Undang-Undang. Karena itu Thomas memastikan, kesiapan jajaran Bawaslu NTT dan Panwaslu 10 Kabupaten dalam mengawal proses pendaftaran pasangan calon yang dimulai tanggal 8-10 Januari secara serentak. Sementara itu terkait pemutahiran daftar Pemilih yang selalu menjadi isu panas dalam setiap pemilihan, Thomas menegaskan, KPU dan jajaran sampai ke PPS dan PPDP wajib memastikan bahwa seluruh warga Negara yang memiliki hak, wajib didaftarkan sebagai pemilih. Dan jajaran Bawaslu NTT sampai ke tingkat Pengawas Pemilu Desa/Kelurahan siap untuk mengawal proses pemutahiran daftar pemilih dengan instrument pengawasan yang telah disiapkan. Thomas mengajak para stakeholder pemilu seperti partai politik utamanya dan seluruh elemen masyarakat NTT agar membantu mengawasi seluruh tahapan pemutahiran daftar pemilih untuk memastikan semua warga Negara yang memiliki hak, terdaftar dalam salinan Daftar Pemilih Tetap. Termasuk pemerintah daerah diharapkan proaktif melakukan perekaman E-KTP bagi warga yang sudah wajib KTP.

Sementara itu anggota Bawaslu NTT Baharudin Hamzah mengatakan, seluruh tahapan pemilihan yang dilaksanakan oleh KPU wajib diawasi oleh Bawaslu provinsi dan Kabupaten/Kota. Terkait pendaftaran Calon menurut Bahar, masa pencalonan termasuk masa yang rentan konflik dan pelanggaran karena itu Bawaslu NTT akan melakukan pengawasan secara maksimal untuk memastikan seluruh dokumen terkait syarat pencalonan dan syarat calon sudah lengkap dan sah. Bawaslu NTT juga terus membangun berkoordinasi dengan partai politik dalam rangka pencegahan pelangaran di seluruh tahapan.

Soal daftar Pemilih menurut Bahar, salah satu organ pengawasan penting ditingkat desa dan kelurahan yang kosong di Bawaslu adalah Pengawas Pemutahiran daftar pemilih. Menurut dia, jika setiap TPS ada pengawas pemutahiran, maka masalah daftar pemilih bisa dieliminir. Selain itu bahar juga menambahkan, untuk pengawasan pemutahiran daftar pemilih, paradigma pengawasan yang akan dikembangkan bukan saja soal rekapan hasil pemutahiran, tetapi pengawasan daftar pemilih by name, by adsress. “kalau selama ini PPL  dan Panwaslu Kabupaten hanya puas lihat  total rekapan saja, sekarang kita harus masuk dengan memeriksa by name dan by address untuk memastikan nama yang tidak double, jenis kelamin dan tidak ada pemilih yang tercecer” tegasnya. Selain itu peran masyarakat dan utamanya partai politik harus maksimal dalam tahapan ini, karena parpol berkepentingan langsung dengan pemilih. Karena dengan mengurus pemilih akan menghasilkan suara, sehingga tahapan penting ini harus melibatkan keaktifan parpol dan tim kampanye.

Sedangkan anggota KPU NTT Theresia Siti dalam kesempatan tersebut menyatakan kesiapan KPU NTT dalam proses pendaftaran pasangan calon Gubernur dan pendaftaran pasangan calon 10 Kabupaten yang dilakukan serentak. Selain itu tahapan pemutahiran daftar pemilih juga sudah siap dilaksanakan coklit, karena PPDP telah terbentuk.  Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif itu dihadiri pimpinan ormas kepemudaan dan mahasiswa, mereka berharap mahasiswa diberi peran dalam tahapan pengawasan pemilu.(din)        

Baharudin Hamzah,M.Si

Author :

Anggota Bawaslu NTT Kordiv Organisasi dan SDM 

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

8.png0.png9.png4.png4.png
Hari ini72
Minggu ini 401
Bulan ini2420
Total Kunjungan80944