Senin, 03 Desember 2018 16:25

BAWASLU ALOR GELAR RAKERNIS PENANGANAN PELANGGARAN PEMILIHAN UMUM 2019.

Ketua Bawaslu Alor Dominika Deran S. Pd didampingi Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Sumber Daya Manusia  Amirudin Bapang, S.Pt dan Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan antar Lembaga Orias langmau, SE saat Kegiatan Rapat Kerja Teknis Penanganan Pelanggaran di Aula Hotel Pelangi Minggu (25/11) (Foto : Bawaslu Alor/Putra) Ketua Bawaslu Alor Dominika Deran S. Pd didampingi Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Sumber Daya Manusia Amirudin Bapang, S.Pt dan Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan antar Lembaga Orias langmau, SE saat Kegiatan Rapat Kerja Teknis Penanganan Pelanggaran di Aula Hotel Pelangi Minggu (25/11) (Foto : Bawaslu Alor/Putra)

Kalabahi-Bawaslu Alor menggelar Rakernis Penanganan Pelanggaran bersama Seluruh Anggota Panwaslu 17 Kecamatan serta Kepala Sekretariat dan Staf Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Alor, yang diselenggarakan di Aula Hotel Pelangi Minggu (25/11).

Kegiatan Rakernis dibuka oleh Ketua Bawaslu Kab Alor Dominika Deran, S.Pd. Dalam sambutannya, Dominika Deran mengatakan Kegiatan ini digelar dengan tujuan memberikan penguatan dan pemahaman kepada seluruh Anggota Panwascam serta Kasek dan Staf agar lebih memahami mekanisme dalam proses Penanganan Pelanggara Pemilih  Umum Tahun 2019. Dominika Deran juga menambahkan, “Kegiatan ini sangat penting dilakukan bersama seluruh Anggota Panwascam, Kasek dan staf Se-kabupaten Alor guna untuk kemudian mereka memiliki pengetahuan Teknis dalam menangani dugaan Pelanggaran baik itu laporan maupun temuan secara langsung ketika mereka melakukan tugas-tugas pengawasan dalam pemilihan umum 2019”.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi  oleh Dominika Deran selaku Ketua Bawaslu Alor tentang Teknik Penanganan Temuan/Pelanggaran Dugaan Pelanggaran Pemilu Berdasarkan Perbawaslu No 7 Tahun 2018. Dalam materinya, Dominika Deran menyampaikan dalam proses temuan atau dugaan pelanggaran yang ada nantinya semua bisa berperan aktif dalam proses penanganan pelanggaran dan Berdasarkan Perbawaslu No 7 Tahun 2018.

Materi berikutnya dibawakan oleh  Orias Langmau, SE selaku Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan antar Lembaga dengan  materi tentang Evaluasi Pengawasan
Pemilu 2019. Dalam penjelasannya, Orias Langmau mengatakan tentang Strategi dalam Pengawasan, Pemetaan Peta Kerawanan Pemilu dan potensi pelanggaran di masing-masing wilayah kerja pengawasan, kebijakan tentang fokus pengawasan dan Identifikasi dan pilihan skala prioritas obyek pengawasan yang dilakukan.

“Pengawas pemilu, dalam proses pengawasan nantinya tidak terjadi kesalah Pahaman ketika berada di lapangan nantinya dan proses pengawasan terjadi pelanggaran dibawah dapat ditindak lanjuti dengan sebaik mungkin”. Kata Oris

Pada kesempatan yang sama, Amirudin Bapang, S.Pt selaku Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Sumber Daya Manusia membawakan materi tentang Teknis Penyelesaian Pelanggaran Administrasi Pemilu 2019.

“Dalam menghadapi Pileg dan Pilpres tentu akan banyak pelanggaran-pelanggaran yang akan terjadi, oleh karena itu penguatan-penguatan secara kelembagaan seperti ini perlu untuk ditingkatkan agar dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pengawasan ditingkat bawah dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang kita inginkan. Tegas Bapang.

Lanjut Amirudin Bapang “Inti dari kegiatan ini adalah untuk membangun kesepahaman bagaimanana kemudian Bawaslu dari tingkat Kabupaten sampai Panwaslu kecamatan dan Desa/kelurahan dapat menjalanankan tugas tugasnya dengan baik, salah satunya adalah ketika terjadi pelanggaran ditingkat kecamatan maupun desa/kelurahan pengawas-pengawas ditingkat-tingkatan tersebut dapat melakukan proses-proses penanganan Pelanggaran dengan baik.

Salah satu peserta rakernis Junaidin Ali ketika dimintai pendapatnya menyampaikan bahwa kegitan rakernis penanagan pelanggaran sangat bermanfaat bagi kami, karena berkaitan dengan segala proses penaganan pelanggaran ditingkat kecamatan.

“kegiatan semacam ini perlu ditingkatkan, agar ada kesamaaan pola, gerak dan seluruh proses yang berkaitan dengan penanganan pelanggaran, kalau ini dilakukan secara kontinyu, saya kira kualitas pengawasan khususnya di tingkat kecamatan jauh lebih baik” terang Jun yang juga salah satu anggota Panwascam Alor Barat Laut

Dalam kegiatan ini juga dilakukan simulasi proses penanganan pelanggaran, yang dilakukan bersama Panwaslu, Kasek dan Staf 17 Kecamatan se-Kabupaten Alor. Dalam proses simulasi ini terlihat antusias seluruh Panwascam, Kasek dan Staf dalam melakukan proses penanganan pelanggaran yang diberikan oleh Bawaslu Kabupaten Alor. (Putra)

Tie Sudirman S.Sos

Author :

Staf Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilu Provinsi NTT

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

2.png8.png1.png2.png6.png0.png
Hari ini185
Minggu ini 185
Bulan ini9880
Total Kunjungan281260