Kamis, 11 Oktober 2018 11:16

Bawaslu NTT dan TNI Siap Sukseskan Pemilu 2019

Ketua dan anggota Bawaslu NTT serta Kepala Sekretariat berfoto bersama Komandan Korem 161 Wirasakti Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa  usai bersilaturrahmi di Markas Korem 161 Wirasakti Kupang Rabu (10/10)Rabu Ketua dan anggota Bawaslu NTT serta Kepala Sekretariat berfoto bersama Komandan Korem 161 Wirasakti Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa usai bersilaturrahmi di Markas Korem 161 Wirasakti Kupang Rabu (10/10)Rabu

 

KUPANG BawasluNTT, Jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) berkomitmen untuk mensukseskan pemilu 2019 yang berlangsung dengan tertib, aman dan damai, serta siap bersinergi dengan Badan Pengawas Pemilu NTT .

         Penegasan tersebut disampaikan Dandrem 161 Wirasakti Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa,SE,MM saat menerima kunjungan silaturrahmi jajaran Bawaslu NTT di Markas Korem 161 Wirasakti Kupang Rabu (10/10) petang. Menurut Dandrem Muji, jajaran TNI bersama Polri prinsipnya siap mengamankan proses pemilihan umum tahun 2019 yang saat ini sedang memasuki masa kampanye. Lebih lanjut Muji mengatakan,  NTT memiliki karakteristik wilayah dan topografi kepulauan, meski demikian pihak TNI memastikan tugas pengamanan memback up Polri  akan dilakukan secara maksimal dan sesuai prosedur.

“ Seluruh urusan ini ujungnya bermuara di keamanan, ada masalah di tahapan apapun, ujungnya di keamanan  termasuk pemilu, apalagi masa kampanye yang relatif panjang, kontestasi yang banyak sehingga menimbulkan dinamika dilapangan, dan TNI tidak hanya memantau soal keamanan tetapi masalah yang yang bermuara kepada gangguan keamanan.” Tegas Muji.

                Karena itu ia berharap Bawaslu NTT dan jajaran sebagai pengawas pemilu  bekerja sama dengan menyampaikan data dan informasi yang diperlukan untuk melakukan pemetaan aspek-aspek kerawanan di setiap tahapan. “ Kami  berharap Bawaslu dapat bekerja sama membantu kami informasi yang kami minta dan perlukan untuk melakukan analisis kerawanan, karena Bawaslu dan KPU adalah lembaga yang netral sebagai penyelenggara pemilu, sehingga kami pastikan seluruh informasi yang disampaikan juga kami akan jaga.” Tambah Muji.

                Sementara itu Ketua Bawaslu NTT Thomas Mauritius Djawa dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas suport TNI dalam pengamanan Pilkada di NTT khususnya di Sumba Barat Daya yang berjalan sukses. Ia berharap kerja sama ini terus dibangun dalam rangka memastikan pemilu berjalan sesuai aturan, lancar dan aman. Apalagi kata Thomas, Bawaslu memiliki  jaringan organisasi dan sumber daya yang terbatas dan tak seimbang dengan topografi dan luas wilayah pengawasan sehingga dibutuhkan pengawasan partisipatif dari masyarakat termasuk TNI. Thomas juga menyampaikan kesiapan Bawaslu NTT dan Bawaslu TTS dalam mengawal proses pemungutan Suara Ulang di 30 TPS tanggal 20 Oktober 2018 mendatang. 

                Dalam kesempatan tersebut anggota Bawaslu NTT Jemris Fointuna juga memaparkan tentang kesiapan bawaslu NTT dan jajaran sampai ditingkat TPS untuk mengawal pemilu 2019. Jemris juga menjelaskan soal Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang dilaunching Bawaslu RI menempatkan NTT sebagai salah satu provinsi dengan tingkat kerawanan tinggi terutama di Kabupaten Flotim. Dengan IKP  lanjut Kordiv Pencegahan dan Hubungan antar lembaga itu, menjadi peringatan dini (early warning)    bagi semua pihak untuk terus menggencarkan pencegahan agar stempel kerawanan itu bisa tidak terbukti diakhir kontestasi pemilu ini. 

                Hadir dalam kunjungan Bawaslu NTT ke Markas Korem 161 Wirasakti Kupang itu anggota Bawaslu NTT Baharudin Hamzah, Noldi Taduhungu, Jemris Fointuna dan Melpi Marpaung serta Kepala Sekretariat Bawaslu NTT Ignasius Jani. Sementara itu Dandrem Muji didampingi Kasrem dan para pejabat dilingkup Korem 161 Wirasakti Kupang. (din)

Baharudin Hamzah,M.Si

Author :

Anggota Bawaslu NTT Kordiv Organisasi dan SDM 

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

1.png3.png6.png2.png1.png6.png
Hari ini39
Minggu ini 688
Bulan ini2731
Total Kunjungan136216