Senin, 16 Desember 2019 10:05

Bawaslu NTT Gelar Bimtek Peliputan dan Penulisan Berita

Anggota Bawaslu NTT Jemris Fointuna membuka Kegiatan Bimtek Peliputan dan Penulisan Berita di Hotel Swiss Bell Krystal, Kupang (9/12/19) Anggota Bawaslu NTT Jemris Fointuna membuka Kegiatan Bimtek Peliputan dan Penulisan Berita di Hotel Swiss Bell Krystal, Kupang (9/12/19)

KUPANG-Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peliputan dan Penulisan berita bagi Bawaslu Kabupaten/Kota di Hotel Swiss Bell Krystal, Kupang pada tanggal 9 hingga 11 Desember 2019. Para peserta terdiri dari koordinator divisi pencegahan, humas Hubal beserta staf teknis dari 22 Kabupaten/Kota. Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas kehumasan Bawaslu khususnya di tingkat Kabupaten/Kota.

Bimtek tersebut menghadirkan pegiat-pegiat media profesional sebagai pemateri yakni Palce amalo dari Media Indonesia, Martin Bana dari Timex Online, Kristoforus Ngay dari Trans TV serta Ephifonia Nitti dari TVRI Provinsi NTT. Para narasumber tersebut akan memberikan materi seputar penulisan berita, tata kelola website, teknik pengambilan gambar dan teknik pembuatan dubbing.

Dalam sambutannya, Anggota Bawaslu Provinsi NTT Jemris Fointuna menekankan pentingnya peran humas sebagai corong lembaga dalam membangun citra positif Bawaslu di tengah masyarakat. “humas seringkali lebih populer dari pimpinan lembaga, sehingga humas memiliki posisi strategis yang membutuhkan keahlian khusus serta menguasai visi, misi dan program Lembaga,” ujar Jemris.

Syarat-syarat lain yang harus dimiliki humas antara lain dapat menulis berita yang baik, memiliki jaringan dengan pekerja media, menguasai teknologi dan komputer, aktif di media sosial, memiliki jaringan luas di masyarakat, menjadi teman diskusi bagi pejabat humasnya, menguasai public speaking, mengikuti perkembangan berita dan informasi dan mampu bekerja secara tim.

Menurut Jemris, Humas harus berprinsip pada fakta dan menjadi komunikator yang efektif. Ia berharap agar Bawaslu menjadi lembaga yang dipercaya publik melalui peran humas.” Humas kita harus menjadi humas yang humanis bagi masyarakat dan seluruh mitra Bawaslu,” pungkasnya.

  

Silvester Sili Teka, S.IP

Author :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

3.png0.png1.png1.png3.png1.png
Hari ini34
Minggu ini 34
Bulan ini812
Total Kunjungan301131