Kamis, 20 Jun 2019 10:49

Data Perkembangan Proses Penanganan Pelanggaran Tindak Pidana Pemilu di Provinsi NTT

Seiring dengan penguatan kewenangan dalam Undang-undang nomor 7 tahun 2017, Bawaslu  bertugas melakukan penindakan pelanggaran yang terdiri dari pelanggaran administrasi, memeriksa dan memutus sengketa proses serta menyampaikan dugaan tindak pidana kepada Sentra Gakkumdu. Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama jajaran 22 Bawaslu Kabupaten/Kota saat ini tengah menindaklanjuti pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di beberapa daerah. Upaya ini merupakan komitmen Bawaslu NTT dan Bawaslu Kab/kota dalam mewujudkan Pemilu yang berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Berkaitan dengan kasus tindak pidana Pemilu, Bawaslu sebagai salah satu unsur Sentra Gakkumdu memiliki peran penting dalam memutuskan tindak pidana Pemilu. Sebagai bentuk pertanggungjawaban Pengawas Pemilu serta sarana informasi publik. Berikut akan diuraikan proses penanganan pelanggaran tindak Pidana oleh Bawaslu Kabupaten/kota:

Bawaslu Kabupaten Kupang;

Dengan nomor registrasi 001/TM/PL/19.06/I/2019. Terdakwa atas nama Bernard Paulus Thomas, proses penanganan pelanggaran kini sampai pada tahapan eksekusi di tingkat Pengadilan Negeri. Dalam amar putusannya menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja membagikan barang secara langsung maupun tidak langsung kepada pemilih.

Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat;

Dengan nomor registrasi laporan 01/LP/PL/PWS.BLG/19.09/IV/2019. Terdakwa atas nama Ahmadin Alias Din, proses penanganan sampai pada pada tahapan eksekusi di tingkat Pengadilan Negeri. Dalam amar putusannya menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja menjanjikan dan memberikan uang sebagai imbalan kepada peserta kampanye secara langsung.

Bawaslu Kabupaten Manggarai Timur;

 Dengan nomor registrasi laporan 01/LP/PL/Kab/19.17/IV/2019, terdakwa atas nama Regius Kabut, proses penanganan sampai pada tingkat Pengadilan Negeri. Dalam amar putusan menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana "memberikan imbalan uang kepada Pemilih secara langsung pada masa tenang. Dalam kasus ini terdakwa mengajukan banding terhadap putusan Pengadilan Negeri Ruteng Nomor 41/Pid.Sus/2019/PN.Rtg tanggal 28 Mei 2019.

Bawaslu Kabupaten Manggarai;

Dengan nomor registrasi laporan 01/LP/PL/Kab/19.08/IV/2019, terdakwa bernama Hendrikus Abot, proses penanganan kini sampai pada tahap Pra Penuntutan di Kejaksaan.

Bawaslu Kabupaten Sumba Barat Daya;

Dengan nomor registrasi 02/LP/PL/KAB/19.15/IV/2019, terdakwa bernama Nikodemus Lalo, proses penanganan kini sampai pada tahap Pra Penuntutan di Kejaksaan.

Bawaslu Kabupaten Sumba Tengah;

Dengan nomor registrasi 06/TM/PP-PL/KAB/19.16/IV/2019, terdakwa bernama Frans Nani dan Marselina Bili. Proses penanganan sampai pada proses penyidikan. Dalam kasus ini, pelaku atas nama Marselina Bili berusia 17 tahun 1 bulan saat kejadian sehingga proses hukum terhadap anak-anak tetap mengacu pada UU 11 tahun 2012.

Bawaslu Kota Kupang;

Dengan nomor registrasi 02/TM/PL/Kec.Oebobo/IV/2019, terdakwa atas nama Frengky E Sulla, proses penanganan kini pada tahapan P21 dan menunggu persidangan di pengadilan.

 Bawaslu Kabupaten Ende;

Dengan nomor registrasi 01//PL/Bawaslu-Ende/315/19.04/IV/2019, terdakwa atas nama Junedin Yunus, proses penanganan kini pada tahapan P21 dan menunggu persidangan di pengadilan. kedua, dengan nomor registrasi 03/LP/Bawaslu-Ende/315/19.04/IV/2019, terdakwa yakni sebastianus Jerahu, Imelda Maru, Lidya E Lule, Dominikus Dosi, Ignasius O Rua, Lukas Lando, Yustina Imu Marianus Pidhi, Siprianus Y Pedi, Yeremias Buga, Aprianus Weli, proses penanganan sampai pada tahapan P21 dan menungg persidangan di pengadilan.

Bawaslu Kabupaten Sumba Timur:

Dengan nomor registrasi 01/RGE/TM/PL/Panwaslucam-LW/19.18/IV/2019, tersangka atas nama Lorens Umbu Lumbu yang disangka telah melakukan tindak pidana dengan menggunakan hak pilihnya sebanyak dua (2) kali di dua TPS yakni TPS 05 Desa Kambata Wudut dan TPS 02 Desa Kambata Wundut. Proses penanganan kini sampai pada tahap penyerahan berkas penyidikan dan perbaikan kepada Penuntut Umum serta penyerahan tersangka. Sidang Putusan akan diadakan pada tanggal 9 Juni 2019.    

Silvester Sili Teka, S.IP

Author :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

2.png2.png7.png5.png8.png6.png
Hari ini158
Minggu ini 377
Bulan ini3709
Total Kunjungan227586