Rabu, 17 Januari 2018 11:36

Dilantik, Bawaslu NTT ingatkan PPL jaga integritas

Anggota Bawaslu NTT Baharudin Hamzah menyampaikan arahan  saat Pelantikan Pengawas Pemilu Kelurahan  Tingkat Kota Kupang Rabu (17/1) di Hotel Amaris Kupang (foto/ady) Anggota Bawaslu NTT Baharudin Hamzah menyampaikan arahan saat Pelantikan Pengawas Pemilu Kelurahan Tingkat Kota Kupang Rabu (17/1) di Hotel Amaris Kupang (foto/ady)

KUPANG- Jajaran Pengawas Pemilu di seluruh tingkatan termasuk di desa/Kelurahan diminta untuk menjaga integritas dan independensi serta bekerja secara profesional dalam menjalankan setiap tugas pengawasan pemiliu, dan tidak terjebak dalam kegiatan politik praktis apalagi menjadi tim sukses.

Penegasan tersebut disampaikan anggota Bawaslu NTT Baharudin Hamzah dalam arahannya  pada acara pelantikan 51 orang Pengawas Pemilu tingkat kelurahan di Kota Kupang Rabu (17/1) di Hotel Amaris Kupang . Menurut Bahar, kehadiran Pengawas Pemilu desa Kelurahan, semakin melengkapi struktur kelembagaan pengawasan pemilu ditingkat desa dan Kelurahan. Apalagi saat ini proses pemilihan kepala daerah serentak sedang dalam tahapan penting, mulai dari masa pencalonan dan pemutahiran daftar pemilih yang sudah di depan mata. Karena itu Pengawas Pemilu desa/ Kelurahan diingatkan untuk bekerja secara profesional, tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis yang menodai asas pemilu. “ saya ingatkan saudara-saudara yang hari ini dilantik dan mengemban tugas sebagai pengawas pemilu tingkat desa/kelurahan agar bekerja secara professional, jaga integritas dan jangan siang jadi pengawas, malam jadi tim sukses. “tegas Bahar.

Lebih lanjut dikatakan, dalam konteks pengawasan daftar pemilih yang akan dilakukan secara serentak secara nasional 20 Januari mendatang, Bawaslu RI sudah mencanangkan gerakan Awasi Coklit, karena itu dia mengingatkan agar Pengawas Pemilu Lapangan mulai tanggal 20 Januari wajib melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan coklit yang dilakukan PPDP di desa/ kelurahan. “ Awasi dan pastikan, seluruh prosedur terpenuhi, ada 13 elemen-elemen dalam penutahiran daftar pemilih, ada coklit dengan mendatangi rumah penduduk, pastikan semua dilakukan tepat waktu, tepat prosedur, tepat jumlah. dan tak ada warga yang tercecer hak pilihnya karena  tidak di daftar. ” Pesan bahar mengingatkan.

Di penghujung sambutannya Kordiv SDM Bawaslu NTT itu juga berpesan kepada pengawas Pemilu desa/ kelurahan yang baru dilantik agar langsung bekerja, berkordinasi dengan berbagai pihak di kelurahan dan desa, membangun kerja sama dengan stakeholders termasuk meminta partisipasi masyarakat sebagai ikhtiar dalam rangka pencegahan terjadinya pelanggaran.

Acara pelantikan Pengawas Pemilu Kelurahan tingkat Kota Kupang yang digelar terpusat itu dihadiri Ketua dan anggota Panwaslu Kota Kupang, ketua dan anggota Panwaslu kecamatan se- Kota Kupang, para camat, para Ketua PPK se- Kota Kupang dan rohaniwan pendamping. Usai pelantikan dilanjutkan dengan bimbingan teknis pemutahiran daftar pemilih dan tugas-tugas kepengawasan di kelurahan. (din) 

Baharudin Hamzah,M.Si

Author :

Anggota Bawaslu NTT Kordiv Organisasi dan SDM 

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

1.png3.png2.png8.png6.png8.png
Hari ini39
Minggu ini 169
Bulan ini3535
Total Kunjungan132868