Kamis, 28 November 2019 09:03

Gakkumdu Ujung Tombak Penanganan Pelanggaran Pidana Pemilu

Kegiatan Evaluasi Sentra Gakkumdu dibuka oleh Ketua Bawaslu Provinsi NTT Thomas Mauritus Djawa Kegiatan Evaluasi Sentra Gakkumdu dibuka oleh Ketua Bawaslu Provinsi NTT Thomas Mauritus Djawa

KUPANG-Dalam Undang Undang Pemilu penanganan tindak pidana Pemilu menjadi ranah Sentra Gakkumdu. Bawaslu provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai bagian dari Gakkumdu mengadakan rapat evaluasi Sentra Gakkumdu Pileg dan Pilpres tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2019 di Hotel Swiss Bellin Krystal,Kupang (26/11/2019). Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Kejaksaan Tinggi Provinsi Nusa tenggara Timur dan Kepolisian Daerah Provinsi NTT. Pada kegiatan tersebut hadir pula sentra Gakkumdu dari 22 Kabupaten/Kota.

Acara tersebut dibuka oleh Ketua Bawaslu Provinsi NTT Thomas Mauritus Djawa beserta anggota Bawaslu Provinsi NTT Jemris Fointuna dan Baharuddin Hamzah. Dalam sambutannya, Thomas mengungkapkan bahwa capaian kinerja Lembaga Sentra Gakumdu se-Provinsi NTT patut mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Menurut Thomas, dari data penanganan Pelanggaran Pidana Pemilu yang ditangani oleh Sentra Gakumdu Provinsi NTT maupun Kabupaten/Kota tercatat ada 24 hasil Temuan Pengawas Pemilu, 53 Laporan dari Para Pihak, jumlahnya ada 77 jumlah dugaan tindak pidana Pemilu.

“Dari 77 jumlah dugaan tindak pidana pemilu, ada 11 kasus yang ditangani sampai tahap akhir yakni sampai pembahasan ke 4 (empat). Apabila di prosentasikan sekitar 8.47 %. Yang tersebar di 9 (Sembilan) kabupaten yakni Kabupaten Ende, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai, Kabupaten ManggaraiTimur, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Kupang dan Kota Kupang,”jelas Kordiv penanganan pelanggaran Bawaslu NTT tersebut.

Thomas juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Kepolisian Daerah NTT beserta tim yang tergabung dalam sentra Gakumdu, Kepala Kejaksaan Tinggi NTT beserta tim dan Kepala Kejaksaan Negeri se Provinsi NTT beserta tim yang tergabung dalam sentra Gakumdu, Kepala Kepolisan Resor se-Provinsi NTT beserta tim yang tergabung dalam sentra Gakumdu. Serta Bapak/Ibu Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se Provinsi NTT.

Silvester Sili Teka, S.IP

Author :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

2.png7.png0.png1.png0.png6.png
Hari ini316
Minggu ini 652
Bulan ini7871
Total Kunjungan270106