Sabtu, 08 Februari 2020 19:23

Implementasikan Transparansi Informasi Hukum, Bawaslu Luncurkan JDIH

Ketua Bawaslu RI Abhan (tengah) meresmikan peluncuran situs JDIH Bawaslu di kota Padang, Sumatera Barat (06/02/20) Ketua Bawaslu RI Abhan (tengah) meresmikan peluncuran situs JDIH Bawaslu di kota Padang, Sumatera Barat (06/02/20)

Bawaslu-Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia meluncurkan situs website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) bertempat di kota Padang, Sumatera barat (06-02-2020). JDIH Bawaslu kini terintegrasi dengan JDIH nasional yang mampu memudahkan masyarakat dalam mengakses setiap infomasi hukum milik Bawaslu. Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan JDIH merupakan perintah Undang Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Presiden nomor 33 tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional.

Abhan menambahkan bahwa JDIH merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara mudah, cepat dan akurat. Dengan terbentuknya JDIH Bawaslu yang terintegrsi diharapkan dapat mempermudah pencarian dan penelusuran peraturan atau keputusan pimpinan Bawaslu, serta produk hukum lainnya,” ujarnya.

Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu tersebut juga menegaskan, kehadiran situs dengan alamat domain jdih.bawaslu.go.id diharapkan dapat menambah literasi hukum kepada publik. Masyarakat lebih mudah mengunduh produk hukum Bawaslu mulai tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota.

Putusan Bawaslu yang dapat diakses yakni putusan pidana, putusan administrasi, dan putusan administrasi cepat. Sistem JDIH Bawaslu adalah sistem yang dibangun untuk melaksanakan tugas dan fungsi Bawaslu selaku pusat jaringan hukum dan dokumentasi hukum lainnya di lingkungan Bawaslu.

Situs JDIH Bawaslu sangat mudah diakses oleh siapapun. Cukup mengakses tautan jdih.bawaslu.go.id maka masyarakat langsung terhubung dengan beberapa fitur yang memudahkan melakukan pencarian. Publik dapat menggunakan kata kunci tertentu, kemudian akan keluar produk hukum terkait.

Silvester Sili Teka, S.IP

Author :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

3.png0.png1.png1.png3.png1.png
Hari ini34
Minggu ini 34
Bulan ini812
Total Kunjungan301131