Jumat, 05 Januari 2018 09:32

Jelang Pendaftaran, Bawaslu NTT Ingatkan Parpol Pengusung Taat Aturan

Ketua Bawaslu NTT Thomas Mauritius Djawa,SH Ketua Bawaslu NTT Thomas Mauritius Djawa,SH

KUPANG- Tiga hari menjelang  masa pendaftaran Pasangan Bakal Calon Gubernur dan wakil Gubernur serta Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati di 10 Kabupaten  di NTT yang dijadwalkan mulai tanggal 08-10 Januari 2018, Partai Politik pengusung dan tim sukses diminta untuk tidak melanggar aturan.

Harapan tersebut disampaikan Ketua Bawaslu NTT Thomas Mauritius Djawa terkait pengawasan Bawaslu NTT dan Panwaslu Kabupaten/Kota  di tahapan pendaftaran bakal pasangan calon. Menurut Thomas, momentum pendaftaran pasangan calon sangat rentan terjadi pelanggaran. Sebelum pendaftaran menurut Thomas, ada tradisi deklarasi bakal pasangan calon yang selalu berpotensi menimbulkan pelanggaran semisal pengerahan Aparatur Sipil Negara (ASN) penggunaan fasilitas Negara dan potensi pelangaran lainnya. Demikian juga pada saat pendaftaran bakal pasangan calon. Ia berharap Parpol pengusung memastikan seluruh dokumen pencalonan dan syarat calon dengan baik, lengkap dan sah, sehingga potensi-potensi pelanggaran dapat dieliminir.

Bawaslu NTT lanjut  Thomas, sejak awal sudah memetakan potensi-potensi kerawanan yang mungkin saja bisa terjadi di tahapan manapun, termasuk tahapan pendaftaran calon yang didalamnya ada masa penelitian berkas pasangan calon, tahap perbaikan dan penetapan pasangan calon.

Selain itu, Parpol pengusung dan  Bakal pasangan calon juga diharapkan  tidak mengerahkan masa saat pendaftaran di KPU NTT dan KPU Kabupaten agar tidak menimbulkan gesekan antar masa pendukung yang berpotensi menimbulkan pelanggaran.

“ Bawaslu NTT dan jajaran ditingkat Kabupaten/Kota prinsipnya siap melaksanakan tugas-tugas kepengawasan dengan tetap mengedepankan aspek pencegahan agat tidak menimbulkan pelanggaran.” Tegasnya. (din)            

Baharudin Hamzah,M.Si

Author :

Anggota Bawaslu NTT Kordiv Organisasi dan SDM 

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

9.png9.png3.png0.png6.png
Hari ini23
Minggu ini 23
Bulan ini4303
Total Kunjungan99306