Senin, 30 Desember 2019 18:12

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu NTT Gelar Evaluasi Pengawasan Pemilu

Anggota Bawaslu NTT Jemris Fointuna memaparkan materi pada Rapat Kerja Evaluasi Pengawasan Pemilu/Pemilihan di Hotel Swiss Bell Krystal,Kupang, (18/12/2019) Anggota Bawaslu NTT Jemris Fointuna memaparkan materi pada Rapat Kerja Evaluasi Pengawasan Pemilu/Pemilihan di Hotel Swiss Bell Krystal,Kupang, (18/12/2019)

KUPANG-Perhelatan Pemilu serentak 2019  yang telah usai masih menyisakan beberapa persoalan sebagai bahan evaluasi menyambut Pilkada tahun 2020 mendatang. Bawaslu provinsi Nusa Tenggara Timur dalam Rapat Kerja Evaluasi Pengawasan Pemilu/Pemilihan tingkat provinsi Nusa Tenggara Timur di Hotel Swiss Bell Kristal, (18/12/19) secara khusus membahas pemutakhiran dan pemeliharaan data pemilih berkelanjutan pada Pilkada 2020.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota Bawaslu NTT Jemris Fointuna, Anggota Bawaslu NTT Melpi M. Marpaung, Akademisi Universitas Nusa Cendana Rudi Rohi sebagai narasumber dan para peserta yang terdiri oleh Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam kegiatan tersebut, Jemris Fointuna mengungkapkan beberapa persolan terkait data pemilih antara lain belum adanya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, Petunjuk teknis pemutahiran data pemilih berkelanjutan yang juga belum di buat, dan belum adanya desain pemutakhiran data pemilih diluar jadwal pemilu.

Karena itu, Jemris mengusulkan beberapa rekomendasi yakni, agar KPU dan Bawaslu segera menyusun regulasi tentang pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, mempercepat  desain dan teknis pelaksanaan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, mengintegrasikan data penduduk yang memenuhi syarat pemilih dari Dukcapil ke Sidalih KPU secara periodik (setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, dua bulanan, triwulan atau per semester), dan adanya sentralisasi pengelolaan data kependudukan melalui pelayanan satu atap yang terpusat.

 

Silvester Sili Teka, S.IP

Author :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

2.png7.png0.png1.png1.png0.png
Hari ini320
Minggu ini 656
Bulan ini7875
Total Kunjungan270110