Senin, 18 Maret 2019 11:52

Kawal Proses Pungut Hitung di TPS, Bawaslu NTT Simulasi Pemungutan Suara

Simulasi pemungutan suara yang bertempat di Hotel Swiss Belin Krystal (14/04/2019).

KUPANG-Jelang momentum Pemilu pada 17 April mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar Simulasi pemungutan suara yang bertempat di Hotel Swiss Belin Krystal (14/04/2019).

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua dan Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) beserta staf Bawaslu dari 22 Kabupaten/Kota tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM Pengawas Pemilu di tingkat Kabupaten/Kota khususnya bagi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Koordinator Divisi SDM Bawaslu NTT Baharudin Hamzah mengatakan, acara yang juga bimbingan teknis ini sangat penting lantaran untuk mempersiapkan pengawas TPS yang akan bertugas pada puncak Hari H pemungutan suara pada 17 April nanti.”Pengawas TPS merupakan tempat bagi orang-orang bertanya dan juga mencari keadilan saat proses pungut hitung di TPS, maka kami harus memastikan mereka menguasai benar proses beracara di TPS,” ujarnya.

Menurut Baharudin, potensi pelanggaran hampir ada di seluruh tahapan pemilu baik masa tenang, pungut hitung maupun setelah pungut hitung.  Bawaslu NTT selanjutnya akan melakukan supervisi lebih lanjut dengan terjun langsung di kabupaten/kota. “Setelah kegiatan ini teman-teman Bawaslu Kabupaten/Kota akan mengadakan bimtek lanjutan di tingkat kecamatan kepada PTPS dan saksi peserta pemilu agar memahami betul terkait tugas pokok dan fungsinya,” jelas Baharudin.

Hal ini diharapkan agar PTPS ini menjadi ujung tombak pengawasan di tingkat TPS sehingga mampu mencegah terjadinya pelanggaran. Dengan kehadiran PTPS maka diharapkan potensi kecurangan maupun pelanggaran semakin berkurang. “Pengawas TPS memiliki peran penting dalam mewujudkan Pemilu yang berintegritas,” pungkasnya.(sil)

Mersito Neponanu

Author :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

1.png9.png6.png7.png8.png4.png
Hari ini262
Minggu ini 1372
Bulan ini6008
Total Kunjungan196784