Kamis, 25 Oktober 2018 12:09

“ Komisioner Jangan Jadi Penghambat Laporan Keuangan Hibah Pilkada ”

Disampaikan saat menjadi nara sumber dalam kegiatan Raker Penyusunan laporan akhir Pengelolaan dana Hibah Pilkada bagi para Kepala sekretariat Kabupaten dan bendahara serta Kordiv SDM dan organisasi Bawaslu Kabupaten/Kota se-NTT di Kupang Selasa (23/10).

Dalam paparan materinya yang berjudul Dukungan Komisioner dalam Penyusunan Laporan Akhir dana Hibah itu Bahar menjelaskan, penyelenggaraan pemilu yang berkualitas bersumber dari penyelenggara yang berkualitas pula. Dan untuk mendukung hadirnya pemilu yang berkualitas, maka dukungan anggaran menjadi factor yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemilihan. Lebih lanjut bahar mengatakan,kesulitan sekretariat  menyusun dan menyampaikan laporan akhir dana hibah atau anggaran lainnya selalu dipicu oleh faktor sumber daya manusia di kabupaten/Kota yang belum memadai, termasuk penguasaan teknologi komunikasi, karena itu  dukungan komisioner terkait tertib administrasi menjadi factor mutlak untuk mendukung percepatan penyampaian laporan keuangan. Selain SDM, kebijakan pengelolaan keuangan acapkali menjadi faktor yang menyulitkan penyampaian laporan keuangan. “ kalau bapak ibu belajna sesuai pos yang sudah ada, saya kira tidak sulit untuk meng SPJ kan, tapi kalau terlalu banyak kebijakan, sulit untuk pertanggungjawaban.

Dengan demikian, peran komisioner dalam konteks mendukung administrasi sangat diharapkan, dan bukan sebaliknya melakukan intervensi terkait persoalan anggaran. Karena anggaran hibah, juga digunakan oleh komisioner selain utnuk membiayai program dan kegiatan, juga perjalanan dinas yang juga membutuhkan dukungan dan kelengkapan administrasi, terkadang hal ini menurut Bahar juga menjadi factor yang menghambat penyamapaian laporan akhir dana hibah terlambat. Ia berharap sinergisitas sekretariat dan komisioner positif dalam menunjang penyelesaian laporan akhir dana hibah yang tahapan pilkadanya sudah selesai di bulan Juli 2018 lalu. (din)      

 

Baharudin Hamzah,M.Si

Author :

Anggota Bawaslu NTT Kordiv Organisasi dan SDM 

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

1.png4.png1.png8.png3.png9.png
Hari ini21
Minggu ini 965
Bulan ini3008
Total Kunjungan141839