Selasa, 16 Januari 2018 12:59

Laporan Panwaslu, DKPP Sidang Kode etik Komisioner KPU Mabar

Tim Pemeriksa Daerah yang dipimpin Anggota DKPP Prof. Muhammad menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik anggota KPU Manggarai Barat yang diadukan Panwaslu Manggarai Barat Senin (15/1) (foto/asis) Tim Pemeriksa Daerah yang dipimpin Anggota DKPP Prof. Muhammad menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik anggota KPU Manggarai Barat yang diadukan Panwaslu Manggarai Barat Senin (15/1) (foto/asis)

KUPANG – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) melalui Majelis Pemeriksa Daerah Senin (15/1) menggelar sidang  dugaan pelanggaran kode etik Komisioner KPU Kabupaten Manggarai Barat Provinsi NTT yang diadukan  Panwaslu Kabupaten Manggarai Barat.

Sidang yang digelar di kantor Bawaslu NTT di Jalan Samratulangi  itu dipimpin anggota DKPP Prof. Muhammad didampingi anggota Majelis Daerah Jemris Fointuna dari Bawaslu NTT, Drs. Gasim dari KPU NTT dan Godlif Wewo, SH, MH mewakili unsur tokoh masyarakat. Para teradu adalah ketua KPU manggarai Barat Hironimus Suhardi dan para anggota, sedangkan pengadu Panwaslu manggarai Barat yang diwakili anggota  Frumentius.

Dalam persidangan tersebut diuraikan tentang kronologis pengaduan tersebut berawal saat rekruitmen PPS oleh KPU Manggarai Barat, dalam prose itu ada peserta bernama Nur Kumala Dewi yang sudah dinyatakan lulus dan dilantik menjadi anggota PPS,namun KPU Manggarai Barat kemudian membatalkan keputusannya dan menggantikannya dengan calon yang lain. Atas masalah tersebut pengadu kemudian melaporkan masalah tersebut ke Panwaslu Kabupaten Manggarai Barat. Dan hasil kajian Panwaslu Manggarai Barat  menemukan dugaan pelanggaran kode etik sehingga dteruskan ke DKPP. Sidang yang berlangsung sekitar dua ja tersebut berjalan lancar, para pihak baik pengadu maupun teradu diberi kesempatan untuk menjelaskan masalahnya dan menyampaikan bukti-bukti.  Untuk tahun 2018, tercatat sidang pertama DKPP di NTT terkait dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu. (din)          

Baharudin Hamzah,M.Si

Author :

Anggota Bawaslu NTT Kordiv Organisasi dan SDM 

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

1.png0.png3.png4.png4.png4.png
Hari ini20
Minggu ini 562
Bulan ini3498
Total Kunjungan103444