Senin, 30 November -0001 07:57

Pengawas Pemilu Harus Jeli Awasi ASN

Surakarta, Badan Pengawas Pemilu - Isu terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam penyelenggaraan Pemilu kian merebak. Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin mengatakan, jajaran pengawas harus jeli dalam melakukan pengawasan, jangan sampai ada ASN yang terlibat.

"Beberapa daerah diinformasikan sudah ada upaya keterlibatan ASN. Beberapa daerah tersebut yakni di Lampung, Riau, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan masih banyak daerah yang lain," ujar Afif dalam kegiatan Sosisalisasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, di Surakarta, Minggu (3/12/2017).

Afif menjelaskan, ASN tidak diperbolehkan terlibat dalam politik praktis sehingga jika ada ASN yang secara terang-terangan mendukung salah satu calon atau bahkan ikut berkampanye, maka perlu ditindak dengan tegas oleh instansi yang berwenang, bisa diberikan sanksi atau bahkan masuk ranah pidana.

Afif juga menegaskan, ASN di Bawaslu juga jangan sampai ada yang dilaporkan. "Sebagai pengawas, kita juga harus meyakinkan publik bahwa kita pengawas yang juga netral. Seluruh jajaran pengawas, komisioner maupun ASN harus netral dan terlihat netral," tegas Afif.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Bawaslu RI Abhan. Abhan menegaskan ASN di Bawaslu juga harus menjaga netralitas demi menjaga integritas lembaga. "Nantinya ASN juga akan turun melakukan fungsi pengawasan. Jangan sampai ada ASN di Bawaslu yang justru dianggap ikut berkampanye karena tidak paham aturan. Maka dari itu perlunya sosialisasi peraturan pemerintah ini ," ujar Abhan yang merupakan Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia.

Ditambahkan Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, perubahan Bawaslu dari sementara (adhoc) menjadi permanen menuntut agar Bawaslu di tingkat pusat sampai ke tingkat provinsi mempunyai manajemen kepegawaian yang bagus. Fritz juga berpesan melalui sosialisasi ini merupakan awal kerja keras bagi semua satker Bawaslu. "Kita harus siap melakukan reformasi birokrasi. Manajemen kepegawaian kita harus baik," pungkasnya.

Penulis/Foto: Baguz

abdul asis

Author :

Pelaksana Divisi Organisasi dan SDM

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

7.png6.png5.png4.png2.png
Hari ini55
Minggu ini 809
Bulan ini2030
Total Kunjungan76542