Senin, 16 Desember 2019 17:24

Tidak hanya Netral, ASN diharapkan Ikut Awasi Pilkada

Anggota Bawaslu Provinsi NTT Melpi Marpaung memaparkan materi pada kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi ASN di Kabupaten Ngada, Jumat (13/12/19) Anggota Bawaslu Provinsi NTT Melpi Marpaung memaparkan materi pada kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi ASN di Kabupaten Ngada, Jumat (13/12/19)

NGADA-Jelang Pemilihan kepala daerah tahun 2020 di 9 Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Bawaslu Provinsi NTT mengadakan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Ngada tepatnya di aula Yasukda, Kel Tanalodu, Kec Bajawa Jumat (13/12/19).  kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur Melpi Minalria Marpaung, Wakalpores Kabupateng Ngada Kompol Say Nono Yohanes, Asisten 3 Sekda Kabupaten Ngada Iji Maria Albina sebagai narasumber.

Melpi M. Marpaung mengungkapkan bahwa ASN tidak hanya harus netral namun dapat membantu Bawaslu dalam melakukan pengawasan pemilihan kepala daerah. “DPT Ngada berjumlah 107.427, Jumlah Kecamatan sebanyak 12 Kecamatan dan Jumlah Panwascam hanya 3 orang setiap Kecamatan. Maka dari itu Bawaslu mengundang semua pihak untuk berasama-sama melakukan pengawasan. Khusus untuk Daerah yang ada calon petahana, kami mengajak ASN untuk Bersama-sama mengawasi,” ungkapnya.

Mantan Anggota Bawaslu Kabupaten Belu ini menegaskan bahwa selain KPU dan DKPP, Bawaslu adalah bagian dari penyelenggara pemilu menurut undang Undang nomor 7 tahun 2017. “Dalam melakukan strategi pengawasan Bawaslu lebih fokus pada pencegahan pada setiap potensi pelanggaran yang ada,” jelas Melpi.

Ia berharap partisipasi ASN kabupaten Ngada agar tidak terlibat dalam politik praktis. selain Undang Undang Pemilu, regulasi tentang netralitas ASN juga dapat merujuk pada Undang-Undang no 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Silvester Sili Teka, S.IP

Author :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan Sam Ratulangi No.25a
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : bawaslu-ntt.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Statistik Kunjungan

3.png0.png1.png1.png3.png1.png
Hari ini34
Minggu ini 34
Bulan ini812
Total Kunjungan301131